Sabtu, 30 September 2017

PELITA III DAN TRILOGI PEMBANGUNAN




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Soeharto ialah presiden Indonesia yang menjabat setelah pemerintahan presiden Soekarno, Soeharto menjabat sebagai presiden Indonesia pada tahun 1966-1998, pada saat Presiden Soeharto menjabat keadaan Indonesia diperkirakan sedang dalam keadaan yang tidak stabil yang merupakan peninggalan pemerintahan pada masa Presiden Soekarno, dengan hutang-hutang luar negerinya, dan program-program dalam pemerintahannya yang masi berfokus dalam pembangunan citra Negara Indonesia dimata Dunia.
Untuk menangani ketidak stabilan dalam perekonomian Indonesia itu, Presiden Soeharto mengambil langkah-langkah yang berdasarkan kepada MPRS No.XXIII/MPRS/1966 yang bertujuan untuk menangani masalah dalam perkonomian Indonesia pada saat itu, langkah- langkah yang diambil oleh pemerintahan Presiden Soeharto pada saat itu seperti, mengatasi kemacetan ekonomi dan memperbaiki sektor-sektor yang menyebabkan kemacetan tersebut, Debirokrasi untuk memperlancar kegiatan perekonomian, Berorientasi pada kepentingan produsen kecil, yang kemudian ditempuh dengan langkah-langkah awal dengan cara, melaksanakan operasi pajak, menetepkan sistem pemungutan pajak yang baru, menghemat pengeluaran Negara, membatasi kredit-kredit untuk bank. Selain mengambil langkah-langkah tersebut pemerintah juga melakukan kerjasama dengan luar negeri, karena pada saat itu bukan keadaan ekonomi saja yang tidak stabil, tetapi hutang Indonesia pada saat itu jugak banyak, sehingga Presiden Soeharto juga menjalin kerja sama dengan luar Negeri, demi tujuan menunda pembayaran hutang luar negeri dan bantuan-bantuan untuk Indonesia dalam menstabilkan keadaan ekonomi pada saat itu, yang dapat kita lihat bentuk kerjasama Indonesia dengan luar Negeri ialah dengan adanya 1. Perundingan Tokyo 2. Perundingan Amsterdam.
Dengan cara-cara yang dilakukan pemerintahan Presiden Soeharto mengalami kemajuan dalam menekan angka inflasi yang mulanya pada akhir pemerintahan orde lama tinggi, sedangkan harga kebutuhan pokok pada waktu itu tinggi, kemudian dibentuklah kabinet pembangunan pada tahun 1968, yang kebijakan ekonominya lebih mengarah kepada masalah harga barang khususnya sandang, pangan, dan kurs valuta asing. Sehingga pada tahun 1968 perekonomian di Indonesia dapat Stabil. Setelah terjadinya kestabilan dalam prekonomian Indonesia saat itu, kemudian masa orde baru mengambil langkah untuk melaksanakan pembangunan Nasional, yang direncakan dengan melaksanakan pembangunan jangka pendek dan pembangunan jangka panjang. Dimana bentuk pembangunan jangka pendek pada saat itu dapat kita lihat dengan adanya Pembangunan Lima Tahun (PELITA), sedangkan pembangunan jangka panjangnya yaitu pembanguna yang dilakukan dalam waktu (25-30) tahun. Yang berdasarkan pada trilogi pembangunan.
Pada saat berlangsungnya PELITA I juga terjadi peristiwa-peristiwa penting seperti pemilihan umum yang pertama di Indonesia, pertama kalinya Republik Indonesia memilik MPR yang tetap berdasarkan hasil pemilu, awal dari Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang berdasarkan Tap VI/MPR/1973 tentang Garis-garis Besar Haluan Negara sebagai ganti dari MANIPOL,dan terjadinya peristiwa malaria. Kemudian dibentuklah rencana Pembangunan Lima Tahun yang kedua (REPELITA II) dengan dengan rencana-rencana yang bertujuan untuk tersedianya pangan, sandang, perumahan, sarana prasarana, mensejahterakan rakyat, dan memperluas kesempatan kerja. Selain itu PELITA II juga diperkirakan berhasil karena berdasarkan pada laju invlasi pada saat itu, dimana pada saat awal orde baru inflasi tercatat mencapai pada saat PELITA I tinggi,dan pada saat PELITA II dapat di tekan lajunya. Kemudian dibentuklah rencana Pembangunan Lima Tahun yang Ketiga (Pelita III) dengan rencana-rencana pembangunan yang tujuan utamanya masih berpedomankan kepada trilogi pembangunan dengan titik berat pembangunan adalah pemerataan yang dikenal dengan Delapan Jalur Pemerataan.
Untuk memenuhi tugas akhir penulis pada matakuliah ‘SEJARAH EKONOMI POLITIK INDONESIA’ dan berdasarkan penjabaran diatas penulis tertarik untuk menulis makalah yang berjudul ‘PELITA III DAN TRILOGI PEMBANGUNAN’. Adapun penulisan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai judul diatas, serta penulis berharap agar makalah ini juga bermanfaat bagi penulis dan pembaca sehingga bias menjadi rujukan untuk penulisan selanjutnya.







BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PELITA III DAN TRILOGI PEMBANGUNAN
Pada 31 Maret 1979, Pelita III mulai dilaksanakan. Titik berat pembangunan pada pelita III adalah pembangunan sector pertanian menuju swasembada pangan yang mengolah bahan baku menjadi bahan jadi. Sasaran pokok pelita III diarahkan pada trilogi pembangunan dan delapan jalur pemerataan. Trilogi pembangunan mencakup:
1)   Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
2)   Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi;
3)   Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.
Upaya pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya tidak mungkin tercapai tanpa adanya pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak mungkin dapat dicapai tanpa adanya stabilitas nasional yang sehat dan dinamis. Hal ini tercemin bahwa unsur-unsur dalam trilogi pembangunan harus dikembangkan secara selaras, serasi, terpadu, dan saling mengait. Unsur-unsur dalam Trilogi pembangunan adalah :
A.  Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, berarti bahwa pembangunan itu harus dilaksanakan secara merata di seluruh wilayah tanah air, serta hasil-hasilnya harus dapat dirasakan oleh seluruh rakyat secara adil dan merata. Apa yang dimaksud dengan adil dan merata ? Adil dan merata mengandung arti bahwa setiap warga negara harus menerima hasil-hasil pembangunan sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan, dan bagi yang mampu berperan lebih, harus menerima hasilnya sesuai dengan dharma baktinya kepada bangsa dan negara.
B.  Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi mengandung arti bahwa :
1)      Pertumbuhan ekonomi harus lebih tinggi dari angka laju pertumbuhan penduduk
2)      Upaya mengejar pertumbuhan ekonomi harus tetap memperhatikan keadilan keadilan dan pemeataan.
3)      Harus tetap dijaga keselarasan, keserasian, dan keseimbangan dengan bidang-bidang pembangunan lainnya
C.  Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis, dimaksudkan agar dalam pelaksanaan pembangunan itu :
1)      Terdapat kondisi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang aman, tentram, tertib yang tercipta karena berlakunya aturan yang di sepakati bersama
2)      Dalam kondisi stabilitas nasional terdapat iklim yang mndorong berkembangnya kreativitas masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara.
Pada masa Orde Baru, pemerintah menjalankan kebijakan yang tidak mengalami perubahan terlalu signifikan selama 32 tahun sehingga terjadinya stabilitas ekonomi. Karena hal itulah maka pemerintah jarang sekali melakukan perubahan-perubahan kebijakan terutama dalam hal anggaran negara. Pada masa pemerintahan Orde Baru, kebijakan ekonominya berorientasi kepada pertumbuhan ekonomi. Kebijakan ekonomi tersebut didukung oleh kestabilan politik yang dijalankan oleh pemerintah. Hal tersebut dituangkan ke dalam jargon kebijakan ekonomi yang disebut dengan Trilogi Pembangungan, yaitu stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi yang stabil, dan pemerataan pembangunan.
Kaitan erat antara trilogi dengan tujuan pelengkap, faktor meta-ekonomik serta instrumen yang digunakan sangat dirasakan dalam pelaksanaan Repelita V (1989/90-1993/94). Dari segi teoretis dan kebijaksanaan (sebagai das Sollen,what ought to be, hoe het be hoort tezyn, hendaknya harus diusahakan agar dapat menjadi das Sein, atau hoe het is. Untuk ini diperlukan perincian, ketelitian, pengawasan yang cermat dan hati-hati dalam pelaksanaanya.
Rencana kerja (tujuan) atau program kabinet Pembangunan ke III (1978-1983) adalah:        
1)      Terciptanya keadaan dan suasana yang makin menjamin tercapainya keadilan sosial bagi rakyat dengan makin meratakan pembangunan dan hasil-hasilnya.
2)      Terlaksananya pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
3)      Terpeliharanya stabilitas nasional yang makin mantap.
4)      Terciptanya aparatur Negara yang makin bersih dan berwibawa.
5)      Terbinanya persatuan dan kesatuan bangsa yang makin kokoh, yang dilandasi oleh penghayatan dan pengalaman pancasila yang makin mendalam.
6)      Terlaksananya pemilihan umum yang langsung umum, bebas dan rahasia dalam rangka memperkuat kehidupan demokrasi pancasila.
7)      Makin berkembangnya pelaksanaan politik luar negeri yang bebas dan aktif untuk diabaikan kepada kepentingan nasional dalam rangka memperkuat ketahanan nasional.
Bandingkan 7 program kerja atau sapta krida tersebut dengan struktur kehidupan ekonomi yang terdiri dari superstruktur (atap), struktur ekonomi-sosial (ruang), dan infrastruktur (fondasi) dan bandingkan pula dengan kaitan antara trilogi kebijaksanaan ekonomi,faktor non-ekonomik dengan tujuan-tujuan pelengkapanya. Trilogi pembangunan yang kira-kira senada dengan trilogi kebijaksanaan ekonomi sebagaimana dipaparkan di muka adalah No.(1) – no. (3) dari tujuan program kerja atau sapta krida tersebut di atas. Trilogi tersebut selanjutnya disingkat menjadi satu tujuan sehingga semuanya menjadi pancakrida atau lima program. Adapun delapan jalur pemerataan sebagai instrumen untuk mencapai panca krida tersebut yang tekenal dengan 8 jalur pemerataan meliputi:
1)      Pemerataan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat banyak khususnya pangan, sandang dan perumahan.
2)      Pemerataan kesimpulan memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan.
3)      Pemerataan pembagian pendapatan.
4)      Pemerataan kesempatan kerja.
5)      Pemerataan kesempatan berusaha.
6)      Pemerantaan kesempataan berpartisipasi dalam pembagunan, khususnya bagi generasi muda dan kaum wanita
7)      Pemerataan penyebaran pembagunan diseluruh wilayah Tanah Air.
8)      Pemerataan kesimpulan memperoleh keadilan.
Kaitanya antara 8 jalur pemerataan dengan demokrasi material, Welfare State dan Welfare Society akan dijumpai dalam bab X di belakang. Telah dikatakan di depan bahwa trilogi kira-kira telah menggambarkan semua cita-cita masyarakat sebagai keseluruhan. Trilogi telah menggambarkan cita-cita masyarakat yang aman, tentram, adil makmur, sejahtera bahagia, kuat sentosa dan sebaginya. Dalam trilogi telah pula menggambarkan masyarakat dan Negara yang dalam cerita wayang digambarkan sebagai Negara yang mengalami panjang –apunjung, pasir-wukir, gemah-ripah, loh-jinawi, kartatur-raharja…..panjang dewa pocapane punjung luhur kawibawane, pasir samodra, wukir gunung, loh urip kang sarwa tinandur,jinawi murah kang sarwa tinuk (Bahasa Jawa, bahasa wayang, bahasa perdalangan).




2.2 PELAKSANAAN PELITA III
Pada masa kepemimpinan Soeharto, Soeharto mempunyai program pembangunan jangka pendek yang disebut Pelita (pembangunan lima tahun). Selama masa kepemimpinannya soeharto mampu menjalankan program pembangunan pelita hingga mencapai pelita VI dan telah menjadi program pembangunan jangka panjang. Dari pelita I hingga VI ada pelita yang menekankan program pembangunannya pada Trilogi Pembangunan yaitu di pelita III. Pelita III dilaksanakan pada tanggal 1 april 1979 hingga 31 maret 1984. Trilogi pembangunan adalah wacana pembangunan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah orde baru di Indonesia sebagai landasan penentuan kebijakan politik, ekonomi, dan sosial dalam melaksanakan pembangunan negara.
Di Indonesia segala sesuatunya berlandaskan kepada Pancasila dan UUD 1945, begitu juga dalam hal pembangunan. Sesungguhnya Pancasila dan UUD 1945 merupakan landasan pembangunan yang ideal. Dalam hal ini beliau (presiden Soeharto) mengungkapkan bahwa : "mencapai cita-cita masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila itu tidaklah mungkin hanya dengan melaksanakan satu pelita saja. Masyarakat adil dan makmur tidak akan jatuh dari langit, harus di perjuangkan melalui pembangunan secara bertahap, di perlukan landasan yang kuat, ialah industri yang di dukung oleh pertanian yang tangguh.". Dasar pembangunan yang belandasan kepada pancasila melalui tahapan-tahapan pelita untuk mencapai cita-cita masyarakat adil dan makmur sebagaimana dikataan oleh Soeharto telah dapat terwujud salah satunya melalui pelita III yaitu Trilogi Pembangunan. Trilogi pembangunan yang di canangkan oleh presiden Soeharto ini berhasil meningkatkan pertumbuhan indonesia dari minus 2,25% pada tahun 1963 menjadi naik tajam sebesar 12% pada tahun 1969 atau setahun setelah dirinya ditunjuk sebagai pejabat presiden. Selama periode tahun 1967-1997, pertumbuhan ekonomi indonesia dapat ditingkatkan dan di pertahankan rata-rata 72% pertahun.  Namun demikian, meski Trilogi pembangunan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, perancanaan trilogi pembangunan ini menuai kontroversi karena pada pelaksanaannya mengakibatkan hal-hal berikut :
1)      Pelaksanaan stabilitas politik menghasilkan regulasi dimana diterbitkan sejumlah peraturan yang mengakibatkan pengendalian pers dan pengendalian aksi mahasiswa.
2)      Dalam hal procedural diterbitkan undang-undang tentang organisasi masa dan undang-undang partai politik pertumbuhan ekonomi menghasilkan penanaman modal asing yang mengakibatkan utang luar negri.
3)       Serbuan para insvestor asing ini kemudian melambat ketika terjadi jatuhnya harga minyak dunia, yang mana selanjutnya dirangsang ekstra melalui kebijakan regulasi (liberalisasi) pada tahun 1983-1988.
Tanpa disadari, kebijakan penarikan insvestor yang sangat liberal ini mengakibatkan undang-undang Indonesia yang mengatur arus modal menjadi yang sangat liberal di lingkungan internasional. Namun kebijakan yang sama juga menghasilkan intensifikasi pertanian di kalangan petani. Dalam pemerataan hasil, pelaksanaannya membuka jalur-jalur distributive seperti kredit usaha tani dan mitra pengusaha besar dan kecil.  Demikian sekilas uraian tentang Trilogi Pembangunan. Trilogi Pembangunan menjadi salah satu instrumen pemersatu energi bangsa yang dipergunakan presiden Soeharto dalam membangun kembali indonesia. Trilogi pembangunan merupakan visi kedaulatan dan kemandirian ekonomi bangsa yang diletakan dalam road map trilogi pembangunan yang dengan targetnya merumuskan secara jelas yaitu tercapainya tinggal landas (setara dengan negara maju) pada tahun 2019/2020 dengan struktur perekonomian yang di dukung industri strategis yang kuat namun terlihat justru semakin menjauh saat sekarang. Bahkan sejumlah ahli ekonomi menyatakan telah terjadi deindustralisasi pada era reformasi. Segala jerih payah untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian ekonomi bangsa itu kini harus ditata kembali. Kegagalan ini merupakan kegagalan bersama sebagai sebuah bangsa yang dalam proses transisi tahun 1998 tidak bisa memetakan secara akurat siapa lawan dan siapa loyalis nusantara yang sesungguhnya.  













BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Pelita III lebih menekankan pada Trilogi Pembangunan. Asas-asas pemerataan di tuangkan dalam berbagai langkah kegiatan pemerataan, seperti pemerataan pembagian kerja, kesempatasn kerja, memperoleh keadilan, pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, dan perumahan,dan lain-lain. Trilogi Pembangunan menjadi salah satu instrumen pemersatu energi bangsa yang dipergunakan presiden Soeharto dalam membangun kembali Indonesia. Trilogi pembangunan adalah wacana pembangunan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah orde baru di Indonesia sebagai landasan penentuan kebijakan politik, ekonomi, dan sosial dalam melaksanakan pembangunan negara.
Trilogi pembangunan merupakan visi kedaulatan dan kemandirian ekonomi bangsa yang diletakan dalam road map trilogi pembangunan yang dengan targetnya merumuskan secara jelas yaitu tercapainya tinggal landas (setara dengan negara maju) pada tahun 2019/2020 dengan struktur perekonomian yang di dukung industri strategis yang kuat namun terlihat justru semakin menjauh saat sekarang.


DAFTAR PUSTAKA
·         Soetrisno. 1992. Kapita selekta ekonomi Indonesia (suatu studi). Yogyakarta; Andi offset.
·         Hutauruk,M. 1985. Garis besar ilmu politik pelita keempat 1984-1989. Jakarta; Penerbit Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAPITA SELEKTA SEJARAH INDONESIA : Korespondensi Cina Di Hindia Belanda 1865-1949

Korespondensi Cina Di Hindia Belanda, 1865-1949 SIEM TJONG HAN, M.D . Artikel ini merupakan upaya untuk menggambarkan beberapa aspek ...